Home About Us Our Products Articles Our Clients Contact Us Chat Whatsapp

Jenis Kertas

Kegunaan kertas sangat beragam mulai dari media tulisan, cetakan dan juga kemasan. Khusus dalam industri kemasan kotak karton gelombang (corrugated carton box) dikenal dua kelompok bahan utama kertas yakni kertas untuk lapisan datar (liner) dan kertas untuk lapisan gelombang (fluting)

1. Liner
Di Indonesia kertas liner sering disebut dengan kraft (kraft liner). Hal ini tidak sepenuhnya tepat karena ditilik dari proses pembuatan dan komposisi bahannya tidak memenuhi kategori kraft. Liner dapat dibagi dalam dua kelompok liner yakni:
  • Kraft Liner => Terbuat dari komposisi virgin pulp dan dan sedikit recycled fiber. Parameter kualitas yang dimilikinya sangat baik. Biasanya permukaannya lebih halus dan kelengketan lemnya lebih baik.
kertas kraft liner
  • Test Liner => Terbuat dari 100% recycled paper. Meskipun terbuat dari 100% waste paper namun dengan proses produksi dan penambahan aditive tertentu bisa didapat parameter kualitas yang lebih baik walaupun secara umum tetap di bawah kraft liner.
kertas TEST liner

Warna natural dari liner adalah coklat kusam namun ada juga yang menambahkan proses bleaching pada proses pembuatannya sehingga diperoleh warna white. White liner sering digunakan sebagai bahan kemasan yang menuntut kualitas cetakan dan tampilan yang lebih bagus dan menarik.

2. Fluting
Bahan untuk lapisan gelombang (corrugated) lebih dikenal dengan sebutan kertas medium (medium fluting atau corrugating medium). Ditinjau dari bahan dan proses dapat dikategorikan dua kelompok medium yakni:
  • Semi Chemical medium fluting => Terbuat dari serat pendek kayu keras yang diproses secara semichemical dengan sedikit sekali campuran dari waste pabrik kertas. Kualitasnya sangat baik namun dari harga tidak ekonomis.
kertas Semi Chemical medium fluting
  • Bogus medium => Kertas medium terbuat dari 100% bahan waste paper. Kualitasnya dibawah semichemical medium. Namun dengan berkembangnya teknologi paper making termasuk penggunaan bahan kimia, bisa didapat kualitas medium yang baik.
kertas bogus modium
Di Indonesia, baik kertas liner maupun medium keduanya diproduksi memakai 100% waste paper. Hal ini terjadi seiring dengan berkembangnya tuntutan bahan baku yang murah dan ekonomis. Secara umum tidak ada lagi pabrik karton yang mampu membeli kertas dengan bahan virgin pulp dan menjual kartonnya ke customer.
Dalam beberapa kasus tertentu masih ada pemakai kemasan yang menuntut karton box terbuat dari liner yang mengandung virgin pulp sehingga untuk memenuhi pangsa pasar yang sempit ini dilakukan import kraft liner. Contoh pemakai karton dengan bahan kraft liner ini diantaranya industri susu.

Bahan baku kertas yang dikirim ke pabrik corrugated karton berupa paper roll dengan ukuran lebar dan diameter roll tertentu sesuai dengan spesifikasi mesin corrugator. Panjang gulungan kertas dalam satu roll juga bervariasi tergantung pada jenis grammature kertas dan juga kepadatan proses penggulungan.
signature
Back to top
banner