Home About Us Our Products Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Proses Pembuatan Kertas

Proses pembuatan kertas secara manual sering dilakukan sebagai kegiatan home industri. Bahannya terdiri dari kertas bekas ataupun dari serat-serat selulosa tumbuhan yang diblender menjadi bubur kertas. Bubur kertas tersebut dicampur dengan lem agar kertas yang dihasilkan lebih kuat. Campuran membuat kertas bisa juga berupa bahan-bahan dekoratif semisal kelopak bunga, benang jagung dan lain-lain untuk menghasilkan kertas yang lebih artistik. Bubur kertas ditiriskan di atas saringan kemudian setelah agak kering dipress. Pengerigan akhir dilakukan dengan penjemuran di bawah sinar matahari.
pembuatan kertas
Dalam skala industri, pembuatan kertas sudah memakai mesin-mesin yang modern dan efisien serta berkapasitas besar. Proses pembuburan dilakukan di hydra pulper, mirip dengan blender yang ukurannya besar. Bubur kertas menjalani proses cleaning, screening dan refining. Bubur kertas yang telah direfining diatur kadar seratnya (consistency-nya) agar bisa dihasilkan kertas dengan grammature sesuai yang diinginkan.
Bubur kertas dihamparkan di atas screen (wire) melalui headbox. Keluar dari wire, bentangan bubur kertas yang masih basah di press untuk mengurangi kadar air. Proses selanjutnya pengeringan dengan dipanaskan di silinder dryer.
alur pembuatan kertas

Perlu dibedakan pengertian antara pulp mill dan paper mill. Pulp mill adalah pabrik yang memproduksi pulp dari bahan baku kayu atau sumber serat seluosa yang lain. Sedangkan paper mill adalah pabrik yang memproduksi kertas dari bahan pulp atau waste paper atau campuran keduanya. Beberapa pabrik memiliki mill terpadu antara pulpmill dan paper mill.
signature
Back to top
banner