Home About Us Our Products Sitemap Artikel Contact Us Chat Whatsapp Live

Kayu Sebgai Bahan Baku Kertas

Secara etimologi kertas berasal dari kata latin papyrus yang merujuk ke sebuah nama tanaman cyperus papyrus. Papyrus adalah lembaran tebal mirip kertas yang digunakan oleh bangsa Yunani untuk menulis. Walaupun secara etimologi berasal dari kata papyrus namun sifat dan tampakan antara kertas dan papyrus sangatlah berbeda. Kertas yang lebih modern adalah lapisan tipis material yang diproduksi dari bubur serat selulosa. Bubur kertas di press dan dikeringkan sehingga membentuk lembaran yang lentur.
Semua bahan material yang mengandung serat selulosa bisa diproses menjadi kertas. Sumber serat selulosa yang paling umum adalah kayu namun ada juga beberapa sumber serat yang lain seperti pelepah pisang, rumput, tanaman perdu, ampas batang tebu, bambu. Beberapa tahun terakhir ini dikembangkan rumput laut sebagai alternatif bahan baku kertas.
Bahan baku kertas

Struktur kayu mengandung tiga komponen utama yakni cellulose, hemicellulose dan lignin. Selulosa adalah polimer linier yang mengandung 5.000 sampai 10.000 mers dalam satu molekul. Di dalam struktur kayu selulosa ini membentuk bundle yang disebut dengan microfbril.
kemasan kertas


Berdasarkan ukuran panjang pendeknya, serat yang dihasilkan kayu dikategorikan ke dalam serat panjang dan serat pendek. Serat panjang dihasilkan oleh pohon kayu lunak (softwood) dengan kisaran panjang serat 3,5 mm sampai 4,8 mm. Sedangkan serat pendek yang mempunyai kisaran panjang 0,7 mm sampai 1,7 mm dihasilkan oleh pohon kayu keras.
Ciri-ciri pohon kayu lunak adalah daunnya yang berbentuk jarum. Pohon kayu lunak tumbuh subur di daerah subtropis, contohnya pohon pinus dan cemara. Pohon kayu keras mempunyai ciri berdaun lebar dan tumbuh subur di daerah tropis.
ciri ciri pohon lunak



A : Fiber
B : Wall
C : Macrofibril
D : Microfibril
E : Molekul selulosa
F : Glucose
signature
Back to top
banner